Home » Artikel » Tips Psikotes Menggambar

Tips Psikotes Menggambar

Monday, May 20th 2013. | Artikel

Dalam proses merekrut karyawan pada suatu perusahaan, tes psikotes merupakan tahapan awal dalam serangkayan tes untuk menguji calon-calon kandidat baru yang diadakan oleh pihak perusahaan yang bersangkutan. Hasil dari tes psikotes tersebut kemudian akan di analisis oleh tim psikologis dari pihak perusahaan serta diadakannya penyeleksiaan yang nantinya akan ditempatkan pada posisi-posisi yang tengah dibutuhkan pihak perusahaan.

Sebelumnya, kami akan menyediakan beberapa tips dalam menghadapi tes psikotes yang nantinya akan anda hadapi kelak ketika anda tengah melamar suatu pekerjaan, yaitu sebagai berikut:

1. Berdo’alah ketika hendak melakukan tes psikotes, agar tes yang anda jalani dapat berjalan lancar.

2. Sebelum melakukan tes psikotes, anda dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu, karena kurang lebih tes psikotes akan berlangsung selama 4 sampai 5 jam, yang nantinya pasti akan menguras banyak energi yang anda miliki.

3. Jangan lupa, anda juga harus mempersiapkan perlengkapan menulis sebelum melakukan tes psikotes.

4. Tetaplah anda tenang dalam menghadapi tes psikotes, karna jika anda tidak tenang, itu akan membuat anda tidak siap dalam menghadapi tes psikotes.

Dalam serangkayan tes psikotes, ada beberapa tes yang akan dijalankan, contohnya seperti tes menggambar, yang antara lain adalah tes menggambar pohon dan tes menggambar orang.

Disini ada beberapa tips untuk menghadapi tes menggambar pohon dan tes menggambar orang, antara lain sebagai berikut:

>> Tips Tes Psikotes Dalam Proses Menggambar Orang.

Dalam tes psikotes, anda dihendakan menggambar orang, dan hal yang perlu anda perhatikan antara lain adalah:

  1. Gambarlah orang sesuai dengan jenis kelamin anda.

  2. Tentukanlah profesi yang akan anda gambar, dan anda harus detail dalam menggambar dalam segi aksesoris, pakaian, ataupun peralatan yang anda gambar harus tergambar secara jelas. Jangan lupa, profesi yang anda gambar juga harus jelas, dimisalkan arsitek, ataupun dokter.

  3. Gambarlah orang dalam bentuk ukuran dan profesi yang wajar, jangan anda menggambar orang dengan profesi yang sangat tidak wajar.

  4. Anda juga hendaknya menggambar orang dalam segi wajah yang jelas, perhatikanlah sedetail mungkin bentuk wajah yang akan anda gambar.

  5. Ketika anda menggambar pada bagian leher, berikanlah tekanan pada garis bagian leher, itu akan diartikan bahwa anda mempunyai keinginan yang sangat besar dalam mencapai suatu hal.

  6. Nah, ketika anda menggambar pada bagian tangan, buatlah tangan yang terbuka, itu menandakan bahwa anda adalah sosok orang yang mau bekerja sama dengan orang lain, dalam tim maupun individual.

  7. Yang terakhir, pada bagian bahu, buatlah bahu yang menggambarkan sosok orang yang profesional.

>> Tips Tes Psikotes Dalam Proses Menggambar pohon.

Selain anda dihendakan untuk menggambar orang, anda juga dihendakkan menggambar pohon, dan hal yang harus anda perhatikan antara lain adalah:

  1. Dalam proses menggambar, hendaknya anda menggambar dalam bentuk satu goresan saja, karna itu akan mengartikan anda sosok orang yang tidak pernah ragu dalam mengambil suatu keputusan.

  2. Ketika anda menggambar, usahakanlah gambar yang anda buat jangan terlalu tebal atawpun terlalu tipis.

  3. Dan anda juga harus memposisikan gambar ditengah, jangan terlalu smping.

Tetaplah anda fokus dalam menghadapi tes psikotes, jangan jadikan tes psikotes adalah momok yang sangat menakutkan bagi anda. Berfikirlah selalu positif dan selalu optimis dalam menghadapinya, teruslah anda berusaha dan berdo’a, dan yakin anda pasti berhasil untuk mendapatkan apa yang anda inginkan.



Judul Tips Psikotes Menggambar
Kategori Artikel
Author
Bagikan

Tulisan terkait Tips Psikotes Menggambar

Best Seller

Klik pada cover eBook untuk mendapatkannya

Bergabung Bersama 500.000+ Masyarakat Lainnya

Update Info Lowongan Via eMail

Masukan eMail Anda di sini:

Delivered by FeedBurner