Home » Berita » Proses Seleksi CPNS 2013

Proses Seleksi CPNS 2013

Friday, July 19th 2013. | Berita
Proses Seleksi CPNS 2013 2

Kredit gambar: www.kunjungime.com

Setelah para pelamar melakukan proses pendaftaran CPNS via online, yang akan dilakukan dengan menggunkan sistem CAT. Dan untuk mereka yang telah dinyatakan lolos dalam persyaratan, kemudian mereka akan mendapatkan satu nomor peserta yang menyatakan identitas diri.

Setelah semua proses pendaftaran telah mereka selesaikan, maka para pelamar CPNS diharukan mengikuti berbagai macam rangkaian tes ujian CPNS, seperti tes kompetensi dasar juga yang lainnya, agar mereka bisa mendapatkan satu kursi CPNS.

Berikut ini tahapan-tahapan seleksi ujian CPNS yang harus peserta ujian lalui sebelum mereka mendapatkan satu kursi CPNS, dan kami telah merangkum beberapa proses seleksi yang harus dilalui, yaitu sebagai berukut:

Seleksi Administrasi

1. Sebelum para peserta ujian melakukan tes ujian, mereka juga harus melakukan seleksi administrasi. Seleksi administrasi ini dilaksanakan para peserta ujian untuk melakukan proses verifikasi untuk disesuiakan dengan data-data yang telah dimasukan ketika mereka melakukan pendaftaran via online. Dan setelah itu, maka pihak yang bersangkutan dapat dinyatakan lulus dari tahapan seleksi administrasi dan setelah itu mereka berhak mengikuti tahapan-tahapan tes selanjutnya.

2. Dan setelah mereka melakukan selseksi administrasi, maka hasilnya dapat dilihat pada situs resmi tertentu. Dan setelah itu maka peserta ujian CPNS akan mendapatkan Tanda Peserta Ujian.

TKD – Tes Kompetensi Dasar

Ketika para peserta ujian telah mendapatkan kartu peserta ujian, maka tahapan selanjutnya mereka berhak mengikuti pelaksanaan tes ujian CPNS. Dan pada tahapan ini proses pertama yang harus mereka lalui adalah proses penyeleksian TKD. Dalam pelaksanaan TKD ini beberapa instansi akan melakukan pelaksanaan tes tersebut dengan menggunakan sistem CAT, yaitu sistem tersebut dijalankan via online yang nantinya akan terhubung dengan komputer server. Berdasarkan agenda yang telah direncanakan pelaksanaan TKD ini akan dilaksanakan pada bulan September yang akan datang.

TKB – Tes Kompetensi Bidang

Setelah peserta ujian melakukan TKD, dan mereka telah dinyatakn lulus dalam proses tes tersebut, maka proses selanjutnya yang harus dilalui peserta ujian yaitu pelaksanaan TKB atau tes kompetensi bidang. Dalam pelaksanaan TKB ini jenisnya tidaklah satu, melainkan pasti berbeda-beda, tergantung pada instansi mana yang anda lamar. Misalnya tes tulis, psikotes, tes toefl, wawancara dan proses-proses lainnya.

Pemberkasan

Dan yang terakhir, setelah seleksi administrasi, TKD, serta TKB telah dilalui dan peserta ujian dinyatakan lolos, maka tahapan terakhir yang harus dilalui yaitu proses pemberkasan. Berdasarkan PP nomor 98 tahun 2002 yang isinya menjelaskan pengadaan PNS dan PP tersebut telah diubah menjadi PP nomor 11 tahun 2002, yang isinya menyangkut tentang pentingnnya pengangkatan sebagai CPNS. Dan untuk setiap peserta yang telah dinyatakan lulus dalam beberapa tahapan proses seleksi sebelumnya, maka peserta diwajibkan untuk malakukan pemberkasan.

Itu merupakan tahapan seleksi yang harus dilakukan oleh sejumlah peserta ujian CPNS yang telah melaukan pendaftaran via online dan telah dinyatakan lolos dari segi persyaratan.

Jadi untuk klian yang hendak melamar sebagai CPNS, siapkanlah diri serta kemamouan anda dengan sematang serta semaksimal mungkin, agar hasil yang kalian dapatkan tidask menjadi sia-sia karena kurangnya persiapan dri diri anda sendiri.




Rekomendasi Lowongan Kerja

Judul Proses Seleksi CPNS 2013
Kategori Berita
Author
Bagikan

Tulisan terkait Proses Seleksi CPNS 2013

PERHATIAN


Indojobhunter.com,


Best Seller

Klik pada cover eBook untuk mendapatkannya

Bergabung Bersama 700.000+ Masyarakat Lainnya

Update Info Lowongan Via eMail

Masukan eMail Anda di sini:

Delivered by FeedBurner