Home » CPNS » Lowongan Kerja CPNS Kementerian Kehutanan Republik Indonesia

Lowongan Kerja CPNS Kementerian Kehutanan Republik Indonesia

Saturday, September 7th 2013. | CPNS

Profil Kementerian Kehutanan

Sebagai mana yang sudah termaktub dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1967, yaitu mengamanatkan bahwa pengurusan hutan pada hakekatnya adalah untuk mendapatkan manfaat hutan yang sebesar-besarnya secara serbaguna dan lestari baik secara langsung maupun tidak langsung, bagi kemakmuran masyarakat. Agar usaha-usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan pengurusan hutan tersebut secara administratif dan teknis dapat terselenggara dengan baik maka diperlukan adanya wadah atau sarana kelembagaan yang dapat menampung seluruh aktivitas kegiatan di bidang kehutanan.

Lowongan Kerja CPNS Kementerian Kehutanan Republik Indonesia

Kredit gambar: setkab.go.id

Pada Pelita I, sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah pada waktu itu, kelembagaan yang menangani tugas-tugas atau kegiatan di bidang kehutanan berbentuk Direktorat Jenderal, yang secara administratif dan teknis berada di bawah Departemen Pertanian. Melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 168/Kpts-Org/4/1971 ditetapkan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Kehutanan.Sejalan dengan usaha pemantapan organisasi di lingkungan Departemen Pertanian dalam rangka peningkatan pelaksanaan tugas pada Pelita II, maka pada tahun 1975 susunan organisasi dan tata kerja Direktorat Jenderal Kehutanan, mengalami perubahan pula.

Pembangunan kehutanan sebagai suatu rangkaian usaha diarahkan dan direncanakan untuk memanfaatkan dan mendayagunakan sumber daya hutan secara maksimal dan lestari. Tujuannya adalah untuk memadukan dan menyeimbangkan manfaat hutan dengan fungsi hutan dalam keharmonisan yang dapat berlangsung secara paripurna.

Dalam pelaksanaannya, yang sejalan dengan semakin berkembangnya usaha-usaha lain dalam pembangunan nasional, pembangunan kehutanan menghadapi berbagai masalah/hambatan yang sangat kompleks. Apabila masalah dan hambatan tersebut tidak ditangani secara menyeluruh, tujuan pembangunan kehutanan akan dapat terganggu.

Terbentuknya Departemen Kehutanan memang sangat tepat, karena hutan dengan multi fungsinya tidak mungkin ditangani secara baik tanpa wadah yang mandiri. Demikian pula ketiga aspek pembangunan kehutanan (perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan) dapat dilaksanakan secara saling menunjang, sehingga tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah oleh berbagai departemen. Melihat pentingnya penanganan ketiga aspek pembangunan kehutanan itu maka eksistensi Departemen Kehutanan memang merupakan suatu kebutuhan yang mendasar sebagai sarana dalam rangka tinggal landas kehutanan.

Pembentukan Departemen Kehutanan bukan merupakan restorasi dari Direktorat Jenderal Kehutanan, melainkan merupakan suatu pembangunan institusi kehutanan melalui pengembangan dan pemanfaatan kondisi dan material yang dimiliki. Hal tersebut sekaligus merupakan jawaban atas kondisi dan permasalahan yang dihadapi selama itu, yang antara lain berupa keterbatasan masalah peraturan perundangan, kepemimpinan dan kebijaksanaan, keterbatasan sarana, personil dan lain-lain. Atas dasar kondisi tersebut kemudian ditetapkan kembali tujuan, misi dan tugas pokok serta fungsi Departemen Kehutanan sebagai landasan pelaksanaan pembangunan kehutanan.

Berbagai masalah yang berupa ancaman, gangguan, dan hambatan dalam pelaksanaan pembangunan kehutanan, tidak akan dapat terselesaikan secara tuntas apabila penanganannya tidak bersifat strategis, yaitu melalui penanggulangan secara konsepsional dan paripurna dengan sistem manajemen yang dapat menampung seluruh aktivitas kegiatan kehutanan yang sudah semakin meningkat. Dalam kondisi seperti itu maka perlu adanya suatu bentuk administrasi pemerintahan yang sesuai dan memadai, sebagai sarana yang sangat dibutuhkan bagi terlaksananya keberhasilan pembangunan kehutanan.

Sumber: Kemenhut RI

Lowongan Kerja CPNS Kementerian Kehutanan Republik Indonesia

Kementerian Kehutanan membuka kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskna di unit-unt kerja Kementerian Kehutanan di seluruh Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut :

Posisi: CPNS Kementerian Kehutanan RI

kemenhut1kemenhut2kemenhut3kemenhut4kemenhut5kemenhut6kemenhut7kemenhut8kemenhut9kemenhut10kemenhut11kemenhut12kemenhut13

 

Kualifikasi yang dibutuhkan :

  1. SMK Kehutanan 152 orang
  2. Diploma III 122 orang
  3. Sarjana/ S1 284 orang
  4. Dokter Umum dan Dokter Gigi 2 Orang
  5. Pasca Sarjana (S2) 10 orang

Pendaftaran secara online mulai tanggal 10 September s.d 24 September 2013. untuk informasi lebih rinci silahkan kunjungi sumber resmi yang ada di bawah ini>>
Sumber Lowongan




Rekomendasi Lowongan Kerja

Judul Lowongan Kerja CPNS Kementerian Kehutanan Republik Indonesia
Kategori CPNS
Author
Bagikan
tags: , , , , ,

Tulisan terkait Lowongan Kerja CPNS Kementerian Kehutanan Republik Indonesia

PERHATIAN


Indojobhunter.com,


Best Seller

Klik pada cover eBook untuk mendapatkannya

Bergabung Bersama 700.000+ Masyarakat Lainnya

Update Info Lowongan Via eMail

Masukan eMail Anda di sini:

Delivered by FeedBurner