Home » Berita » KemenPAN-RB Menggelar Rapat Penerimaan CPNS 2013

KemenPAN-RB Menggelar Rapat Penerimaan CPNS 2013

Thursday, August 1st 2013. | Berita

KemenPAN-RB telah menggelar rapat terkait pelaksanaan pengadaan penerimaan CPNS tahun 2013.  Dalam kesempatan tersebut, Azwar Abubakar, MenPAN-RB mengutarakan maksudnya, “pengadaan CPNS tersebut diibaratkan berenang bersama ikan hiu, mengapa demikian? karena bila nanti kita berdarah sedikitpun, maka akan langsung dimangsa olehnya.”

KemenPAN-RB Menggelar Rapat Penerimaan CPNS 2013

Kredit gambar: www.media.hariantabengan.com

Penuturan kiasan tersebut tersirat dalam persiapan instansi pemerintah, baik pada pusat maupun di daerah dalam pelaksanaan pengadaan penerimnaan CPNS tahun 2013 ini.

Azwar kembali menambahakan, “Dalam pengadaan penerimaan CPNS baru, nantinya jangan sampai terjadi kesalahan manajemen. Kita harus benar-benar dapat memperhatikan berapa jumlah anggaran serta jumlah penduduknya. Oleh karena itu, KemenPAN-RB bersama BKN, BPK, BIN, serta Bareskrim akan ikut membantu dalam melakukan pemeriksaan sekaligus mengawasi berlangsungnya tes CPNS tersebut.”

Dalam pengadaan penerimaan CPNS ini, nantinya bisa menjadi contoh kepemimpinan yang baik, itu berarti harus konsekuen, konsisten, yang nantinya disertai dengan kerja sama. Seperti yang telah disampaikan dalam pelantikan Hendro Witjaksono yang akan menjadi Inspektur Kementerian PANRB, MenPAN-RB, Azwar Abubakar sempat mengungkapkan bahwa Presiden SBY telah menyetujui untuk penerimaan CPNS yang akan dilaksanakan seperti tahun 2012 yang lalu.

Bahkan Presiden memerintahkan kepada Kapolri serta Panglima TNI untuk dalam pelaksanaan penerimaan anggota baru TNI serta POLRI agar dapat mengikuti model yang akan diterapkan dalam tes CPNS tahun 2012 yang lalu. Dengan adanya persetujuan dari Presiden, itu berarti dalam pelaksanaan tes CPNS seperti yang telah dilaksanakan pada tahun 2012 yang lalu sudah menjadi kebijakan secara nasional, yang harus diikuti oleh seluruh instansi pusat maupuin daerah. Tidak ada pengecualian, hal tersebut juga akan berlaku pada sekolah-sekolah yang bersipat dinas. Untuk calon mahasiswa sekolah kedinasan harus bisa lolos TKD seperti layaknya CPNS.

Sebagai informasi, bahwa pada waktu yang lalu deputi bidang SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan terkait adanya lima skema seleksi CPNS yang akan diterapkan pada tahun 2013 ini. Dimana kelima skema tersebut tergolong dari seleksi untuk tenaga honorer K2, seleksi untuk para pelamar umum, seleksi untuk formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, serta seleksi yang dilaksanakan untuk calon siswa ikatan dinas.

Dari kelima penerapan sistem tersebut, untuk pelaksanaan seleksi yang diperuntukan bagi tenaga honorer K2 akan mendapatkan perhatian yang sukup serius dari sekian banyak peserta rakor kebijakan seleksi CPNS tahun 2013 ini. Setiawan kembali mengungkapkan, “untuk pelaksanaan seleksi CPNS golongan tenaga honorer akan dilaksanakan dengan tidak menerapkan sistem CAT, akan tetapi pelaksanaan tersebut akan dilaksanakan secara tes tertulis dengan LJK, dan seluruh peserta diwajibkan untuk mengikuti TKD serta TKB.”

Dalam pelaksanaan tes tersebut ada tiga tipe soal yang nantinya akan diadakan, yaitu tipe A untuk tingkatan lulusan SMP dengan SD, tipe B untuk tingkatan lulusan SMA, D1, D2 sampai D3 atau tingkatan sarjana muda, dan untuk tipe C untuk tingkatan lulusan D4, S1, S2, serta S3.



Judul KemenPAN-RB Menggelar Rapat Penerimaan CPNS 2013
Kategori Berita
Author
Bagikan

Tulisan terkait KemenPAN-RB Menggelar Rapat Penerimaan CPNS 2013

Best Seller

Klik pada cover eBook untuk mendapatkannya

Bergabung Bersama 500.000+ Masyarakat Lainnya

Update Info Lowongan Via eMail

Masukan eMail Anda di sini:

Delivered by FeedBurner