Home » Berita » Gambaran Seleksi CPNS 2013

Gambaran Seleksi CPNS 2013

Wednesday, July 24th 2013. | Berita

Dalam pelaksanaan penerimaan CPNS baru 2013, untuk sistem seleksi tidak hanya ada satu jenis, melainkan ada lima gambaran seleksi CPNS baru 2013. Yang diantaranya yaitu pelaksanaan seleksi golongan tenaga honorer, pelaksanaan seleksi para pelamar umum, penetapan formasi yang dikhususkan untuk para calon dokter/dokter, pelaksanaan seleksi yang diperuntukan bagi para tenaga ahli yang tidak berada pada lingkungan PNS, serta pelaksanaan seleksi yang diperuntukan bagi para calon siswa yang mendaftar pada sekolah dinas.

Gambaran Seleksi CPNS 2013

Kredit gambar: www.sekolahdasar.net

Setiawan Wangsaatmaja Deputi Bidang SDM KemanPAN-RB, menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan perekrutan yang diperuntukan bagi tenaga honorer K2 akan dilaksanakan dengan tidak menerapkan sistem CAT, melainkan akan dilaksanakan dengan menggunakan tes secara tertulis yang akan dilaksanakan menggunkan LJK.

Beliau juga kembali menuturkan bahwa seluruh peserta baik pelamar umum maupun golongan tenaga honorer diwajibkan untuk mengikuti tes ujian TKD serta TKB yang akan dilaksanakan pada waktu dekat ini.

Dan untuk soal, beliau juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan tes ujian CPNS akan terdapat tiga tipe soal ujian CPNS, yang terdiri dari tipe A diperuntukan bagi peserta lulusan SMP juga SD, untuk tipe B yang akan diperuntukan bagi peserta lulusan SMA, D1, D2, sampai D3 atau kata lain peserta lulusan sarjana muda, sedangkan soal tipe C akan diperuntukan bagi pelamar lulusan D4, S1, S2, serta S3.

Untuk proses penyusunan soal-soal ujian TKD akan dilaksanakan oleh Panitia Nasional Pengadaan CPNS yang akan dibantu oleh pihak dari tim konsorsium PTN. Dan untuk penyusunan sosl-soal ujian TKB akan disusun atau akan dilakukan oleh masing-masing instansi pembina.

Selain soal TKD serta TKB, untuk penyusunan soal-soal tes ujian CPNS yang akan diperuntukan bagi pelaksanaan tes ujian CPNS bidang pendidikan akan disusun oleh Kemendikbud, pada bidang kesehatan soalnya akan disusun oleh Kemenkes, bidang administrasi umum juga akan disusun oleh BKN, begitu juga untuk bidang yang lainnya.

Beliau juga menambahkan, untuk menentukan lulus atau tidaknya peserta akan ditentukan oleh nilai passing grade atau nilai ambang batasan yang telah ditetapkan oleh MenPAN-RB. Dan untuk pelaksanaan pengumuman hasil dari tes ujian CPNS itu sendiri, akan dilaksanakan oleh MenPAN-RB, baik hasil dari TKD maupun hasil dari TKB.

Jika jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti seleksi ujian CPNS tenaga honorer K2 yang lulus dari ketentuan nilai passing grade kurang dari jumlah PNS yang pensiun pada tahun 2013 ini, maka mereka akan dialokasikan pada 2013. Akan tetapi jika jumlah peserta yang lulus berjumlah melebihi jumlah PNS yang pensiun, maka untuk tahun 2013 akan didahulukan yang usianya lebih tua dan lebihnya akan ditetapkan untuk formasi tahun 2014.

Selain itu untuk pemberian formasi pada setiap daerahnya, pemerintah pusat juga akan memperhatikan jumlah belanja pegawai dalam APBD. Jika instansi tersebut jumlah belanjanya melebihi APBD maka besar kemungkinan instansi tersebut tidak akan mendapatkan formasi CPNS, begitupun sebaliknya jika instansi tersebut jumlah belanja pegawainya dibawah APBD, maka instansi tersebut akan mendapatkan jumlah formasi yang diusulkan.




Rekomendasi Lowongan Kerja

Judul Gambaran Seleksi CPNS 2013
Kategori Berita
Author
Bagikan

Tulisan terkait Gambaran Seleksi CPNS 2013

Video Alur Pendaftaran CPNS 2014

PERHATIAN


Indojobhunter.com,


Best Seller

Klik pada cover eBook untuk mendapatkannya

Bergabung Bersama 700.000+ Masyarakat Lainnya

Update Info Lowongan Via eMail

Masukan eMail Anda di sini:

Delivered by FeedBurner